Untuk Apa Kuliah IT (Information Technology) atau IS (Information System)?


Untuk apa kuliah di program studi yang berkaitan dengan komputer? (dibaca dengan nada tenang) Inilah yang menjadi salah satu topik pembicaraan dalam kegiatan Computing Club President University pada Hari Rabu (05/03/2014) lalu yang dimentori oleh Kak Yoseph Haryanto, alumni IT President University Batch 2010 (sudah habis defense). Ini merupakan pertemuan Computing Club President University yang pertama untuk periode ini setelah periode sebelumnya yang membahas tentang Windows 8 Game Development. Sebagai pertemuan pembuka, tentunya sangat tepat untuk saling berkenalan, saling berbagi pengalaman, serta saling berbagi motivasi antar sesama mahasiswa di Faculty of Computing President University. Baiklah, mungkin demikian saja thethe’ bengeknya. Selanjutnya penulis ingin membahas tentang ilmu yang penulis peroleh dari pertemuan di Computing Club President University tersebut. Semoga saja ilmu yang sedikit ini, sangat sedikit dibanding apa yang telah dibahas bersama teman-teman, juga dapat bermanfaat bagi Sobat Kreatif sekalian.

logo-puma-computing-president-university-sobat-kreatif-indonesia

Tulisan ini dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan bagian-bagian yang dibahas pada pertemuan tersebut.

Alasan Kuliah di Bidang Komputer

Alasan kenapa kuliah di bidang komputer bisa sangat beragam untuk setiap individu yang berbeda. Namun perlu diingat, bagi kita sesama mahasiswa yang sedang menempuh di bidang ini, tidak ada alasan buruk untuk memilih jurusan tersebut. Mungkin separah-parahnya bisa jadi beralasan karena hanya kebetulan, terpaksa, dan lain sebagainya. Itu bukanlah masalah. Itu adalah alasan kenapa kita menempuh pendidikan pada bidang ini. Namun itu bukanlah yang terpenting untuk mimpi-mimpi kita. Jika impian kita adalah untuk menjadi seorang yang sukses (dunia dan akhirat), maka bidang apapun itu, semuanya memiliki kesempatan yang sama.alasan-kuliah-it-komputer-sobat-kreatif-indonesia-president-university

Mungkin juga beberapa dari kita menjadi terhenti karena tadinya menempuh bidang pendidikan ini adalah dengan alasan karena terpaksa. Padahal tadinya pernah bercita-cita menjadi dokter. Maka bidang yang ditempuhnya di bidang komputer ini seolah-olah sama sekali tidak dapat mengantarkannya ke cita-citanya sebagai dokter. Eitch….. Stop! Tunggu dulu. Tunggu sampai pertanyaan berikut terjawab. Apakah tujuannya menjadi seorang dokter? Apakah untuk mengobati orang sakit, untuk menyelamatkan banyak jiwa, menyenangkan orang lain, atau mungkin hanya sekedar untuk memperoleh penghasilan yang memuaskan. Baiklah, itu tidak masalah. Lalu apakah tujuan tersebut hanya bisa diperoleh dengan menjadi seorang dokter. Jika kini jalan menjadi anak Information Technology atau Information System (jurusan-jurusan yang ada di Faculty of Computing President University) sedang ditempuh, kami rasa hal tersebut sama sekali tidak akan mampu menghalangi cita-cita besar yang sungguh mulia tersebut. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap menggapai cita-cita tersebut meskipun dengan menekuni bidang ilmu komputer. Kita bisa membuat sistem informasi untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik, menciptakan teknologi-teknologi kesehatan, melakukan penelitian di bidang kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi,menyediakan layanan kesehatan yang lebih luas dengan bantuan teknologi informasi, dan masih banyak lagi.

Tidak ada buruknya belajar ilmu apa sajakah itu, selagi selalu disertai tujuan yang baik. Setiap bidang ilmu tidak pernah bisa berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah bidang-bidang ilmu pengetahuan yang kita ketahui sebagai Bioinformatics (perpaduan disiplin ilmu Biologi dan Informatika), Mechatronics (perpaduan antara disiplin ilmu Mekanika, Elektronika, dan Informatika), Chemical Informatics (perpaduan antara disiplin ilmu Kimia dan Informatika), Medical Informatics, dan masih banyak lagi. Bidang-bidang ilmu tersebut tidaklah berdiri sendiri. Keilmuan di bidang komputer sendiri juga sangat berkaitan erat dengan bidang keilmuan lainnya, seperti Mathematics, Physics, Statistics, Data Science, Communications, Networking, Electronics, dan bahkan dengan Bahasa Inggris sekalipun karena syntax-syntax yang dipakai di semua bahasa pemrograman (kecuali bahasa pemrograman tingkat terendah dan bahasa pemrograman yang dibuat untuk tujuan tertentu) adalah berdasarkan Bahasa Inggris. Selagi itu disertai dengan tujuan mulia, prinsip yang tepat, dan tindakan yang tepat, maka kita tidak berada pada posisi yang salah.

Orang-orang yang kuliah di bidang ini jumlahnya sangat banyak dan tenaga kerja yang dibutuhkan di bidang ini juga sangatlah banyak. Namun untuk betul-betul meraih cita-cita yang betul-betul diharapkan setiap individu yang terlibat, tentu perlu memerlukan usaha yang lebih dari biasa. Bidang ilmu yang sedang ditekuni ini sangatlah luas, tidak dapat berhenti dikaitkan dengan bidang-bidang ilmu yang lain. Dan begitu pulalah adanya untuk setiap bidang ilmu yang lain, memang tidak ada yang dapat berdiri sendiri. Namun, kuncinya, untuk setiap bagian manapun dari bidang komputer ini, betul-betul lakukanlah yang terbaik, maka mimpi besar kita tidak akan pernah terasa terlalu jauh untuk diraih. Beranilah bermimpi besar! Kita punya mimpi, maka kita wajib melindunginya! Jika kita melakukan yang terbaik, memberikan yang terbaik, maka pantaslah bagi kita untuk memperoleh yang terbaik.

Jika tujuannya kuliah di bidang ini adalah untuk uang. Eiitch… Uang? Ya, tidak masalah selagi jawaban dari pertanyaan untuk apakah uang yang banyak adalah jawaban yang mulia. Tentu sedekah uang yang lebih banyak sangat lebih mungkin dilakukan oleh orang yang berpenghasilan lebih banyak. Jika memang begitu, kuliah di bidang ini juga tidak ada ruginya. Gaji paling tinggi di jajaran pekerjaan di bidang teknologi informasi adalah bekerja sebagai Konsultan SAP, yang mana gajinya dapat mencapai 750.000 rupiah per jam. Atau mungkin bisa dianggap 5 juta rupiah per hari. WOW!!! Cukup menggiurkan, bukan? Tapi tunggu dulu, sebenarnya SAP itu apa? Sebagai gambarannya, perusahaan-perusahaan besar di dunia pada umumnya tidak mengembangkan aplikasi mereka sendiri untuk mengelola business operations and customer relations di perusahaan mereka, sehingga perusahaan-perusahaan tersebut kebanyakan menggunakan SAP untuk menangani hal tersebut. SAP (Systeme, Anwendungen und Produkte in der Datenverarbeitung atau in English: Systems, Applications and Products in Data Processing) merupakan sebuah aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang berasal dari Jerman dan kini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar lokal maupun dunia seperti Nestle, Unilever, Kraft Food, Telkomsel, Sharp, dan masih banyak lagi. Namun tentu saja, gaji yang demikian tidaklah semata-mata dapat diperoleh dengan cara yang cukup mudah dan singkat. Tidak hanya memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi, namun tentu saja harus memiliki bekal ilmu yang baik berkaitan dengan business operations and customer relations yang digelutinya dalam pekerjaan tersebut. Selain itu biaya untuk ujian sertifikasi SAP juga cukup mahal, yaitu sekitar 7 juta rupiah. Belum lagi perlu mengikuti training mempersiapkan ujian sertifikasi tersebut yang biayanya juga tidak kalah mahalnya. Kecuali jika memang telah merasa cukup jenius untuk tidak perlu mengikuti berbagai training tersebut (tidak bergurau, jika memang mampu, tidak masalah).

logo-sap-alasan-kuliah-it-komputer-president-university-sobat-kreatif-indonesia

Namun tidak semua orang berkutat menggeluti bidangnya dengan motivasi utama berupa uang. Mereka begitu tekun menggeluti bidangnya dan mempertajam keahliannya untuk dapat memberikan banyak manfaat kepada orang lain. Mereka memang tetap memerlukan uang, namun bukan uang yang menjadi jalan terbaik yang dipilihnya untuk mewujudkan niat mulianya tersebut.

Web Development

Web development merupakan salah satu bagian dari bidang teknologi informasi yang paling banyak diminati kali ini. Berbagai bentuk tutorial-tutorial dan resource yang diperlukan untuk mempelajarinya pun dapat dicari dengan mudah karena banyak tersebar di internet. Sehingga beberapa orang mengatakan bahwa belajar web development cukup mudah dibandingkan belajar application development untuk platform lain. Sehingga dalam beberapa kasus nyata, web developer di perusahaan-perusahaan UKM di Indonesia belum dapat memperoleh gaji seperti yang diharapkan. Meskipun demikian, di perusahaan-perusahaan terkemuka, biasanya hal ini sudah tidak menjadi masalah. Namun bagaimanapun juga, menjadi seorang developer tidak perlu begitu kuatir dengan masalah ini. Kita masih bisa memilih untuk mengerjakan proyek-proyek sambilan sebagai seorang freelancer, ikutan di crowdsourcing, atau mungkin mengerjakan proyek-proyek gagasannya sendiri, bahkan bisa jadi sampai membangun startup sendiri.

Sebagai web developer, terdapat beberapa aspek yang perlu dipelajari (kalau mau dipelajari semua) seperti server side web programming, client side web programming, web design, database, dan mungkin juga beberapa aspek lain yang bisa terkait secara langsung maupun tidak langsung seperti project management, networking, dan lain-lain. Namun dalam praktiknya juga tidak harus menguasai kesemuanya, meski tidak pernah salah untuk belajar. Kenyataannya, semua materi tersebut memang juga telah termasuk dalam kurikulum Program Studi IT dan IS di President University.

Terdapat beberapa bahasa pemrograman web yang berjalan di sisi server, antara lain PHP (PHP Preprocessor), ASP (Active Server Pages), JSP (JavaServer Pages), dan lain-lain. Dalam diskusi tersebut, juga ada sedikit mengulas tentang node.js, yang memungkinkan kita untuk menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman web yang berjalan di sisi server. Yang sebelumnya kami ketahui bahwa JavaScript hanyalah bahasa pemrograman yang dapat berjalan di sisi klien. Selain itu, database juga merupakan salah satu bagian penting dari sebuah website. Dalam hal ini Kita mengenal beberapa Database Management System (DBMS) seperti MySQL, PostgreSQL, dan MongoDB.

Masa depan web development juga tampak cukup baik dengan semakin gencar-gencarnya perkembangan cloud computing, semuanya kini berusaha untuk dionlinekan. Secara umum, bentuk layanan yang dapat disediakan oleh penyedia layanan cloud computing, antara lain Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), Infrastructure as a Service (IaaS). Sebagai contoh, Google Docs merupakan salah satu bentuk layanan Software as a Service. Kita dapat menggunakan aplikasi-aplikasi serupa aplikasi perkantoran secara online, tanpa harus menginstall, tanpa harus mendownload aplikasi, hanya perlu menggunakan browser sebagai cloud client yang menjalankan layanan cloud berupa aplikasi Google Docs tersebut. Selain itu, Windows Azure merupakan salah satu contoh layanan cloud Platform as a Servicedan Infrastructure as a Service. Dengan Windows Azure, kita dapat menggunakan programming environment, database server, dan juga web server yang telah disediakan oleh layanan tersebut. Layanan-layanan tersebut termasuk dalam kategori Platform as a Service. Sedangkan juga terdapat layanan seperti virtual machine yang dapat menjalankan Windows Server atau beberapa distro Linux dalam Windows Azure yang termasuk dalam kateggori Infrastructure as a Service.

cloud-computing-puma-computing-president-university-sobat-kreatif-indonesia

Mobile Apps Development

Mobile apps development juga berkembang dengan cepat dan luas. Telah terlahir berbagai mobile operating system, seperti Android, iOS, Windows Phone, dan masih banyak lagi. Perkembangan tersebut terus berlanjut seiring dengan perkembangan perangkat mobile yang tidak kalah pesatnya. Dengan perkembangan yang pesat tersebut, menjadi pengembang aplikasi mobile juga merupakan hal yang menarik dan cukup menjanjikan. Kebanyakan pengembang aplikasi mobile membangun startup mereka sendiri.

Game Development

Selain itu juga bagi teman-teman yang tertarik pada game development, selalu ada tempat bagi teman-teman untuk turut berpartisipasi dalam hal ini. Game dibuat dengan tujuan untuk sebuah kegembiraan, membantu orang lain melepas penat, begitu pula dengan si pembuatnya. Tentu saja kegembiraan tersebut dapat diperoleh dari hasil luapan kegembiraan bagi si pembuatnya. Mungkin tidak begitu sulit untuk mencari jalan kegembiraan bagi diri masing-masing kita. Karena kitalah yang paling tahu tentang diri kita. Namun apakah masih semudah itu untuk menawarkan kegembiraan bagi orang lain, memberikan hal-hal yang dapat membuat orang lain gembira. Tentu saja tidak semudah itu. Itulah mengapa membuat game itu bukanlah hal yang pantas untuk disepelekan. Dikatakan mudah tidak juga, tapi bukan juga tidak mungkin untuk membuatnya. Kita memerlukan bekal ilmu game design yang cukup baik untuk menghasilkan game yang baik, tidak sekedar membuat, membuat, dan terus menambah fitur dalam game tanpa memperdulikan aspek-aspek dalam game design. Game design tidaklah hanya mempertimbangkan tampilan grafis game sebagai takaran game yang baik, tapi banyak aspek-aspek lain yang terkait dengan unsur-unsur dalam game, seperti suara, latar cerita, filosofi dalam permainan game, dan lain-lain. Sebagai contoh, seorang pemain dapat terus bersemangat bermain game karena dirinya dapat memperoleh penghargaan yang tinggi di dalam game. Dirinya dapat menjadi seorang pahlawan, pendekar, dan jagoan. Dirinya selalu memperoleh pujian-pujian keberhasilan yang tidak dapat selalu ia peroleh dalam dunia nyata. Setiap kali memperoleh pencapaian baru dalam game, dirinya memperoleh sanjungan-sanjungan yang membuatnya enggan untuk berhenti memainkannya dan haus memperoleh lebih banyak sanjungan lagi.

Networking and Security

Selain itu, networking and security juga merupakan salah satu bagian penting dari bidang ilmu ini. Bagi teman-teman yang hendak berkarir bidang ini, sangat penting untuk memiliki sertifikasi-sertifikasi yang berkaitan dengan networking and security seperti sertifikasi CCNA (Cisco Sertificate Network Associate) atau CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert) dari CISCO, CISSP (Certified Information Systems Security Professional), dan lain-lain. Terkadang skor GPA-pun sudah tidak begitu diperhatikan lagi selagi telah memiliki sertifikasi ini.  Sebagai tips, biasanya lowongan-lowongan dibutuhkannya orang-orang di bagian ini tidak begitu disebarluaskan dan biasanya tidak dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Jadi lebih baiknya teman-teman memiliki koneksi-koneksi yang cukup baik dengan orang-orang yang bergelut di bagian tersebut, juga bisa dengan turut bergabung dalam forum-forum yang juga mengulas tentang jaringan komputer dan keamanannya.

game-development-puma-computing-president-university-sobat-kreatif-indonesia

Artificial Intelligence

Kemudian juga terdapat segolongan orang-orang dari bidang ini yang berurusan dengan pemecahan-pemecahan masalah, merancang algoritma baru, dan segala hal yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Orang-orang ini berurusan dengan bagian artificial intelligence. Mereka biasanya memiliki landasan ilmu matematika yang kuat. Jika teman-teman berminat pada jalur yang ini, teman-teman dapat mulai dengan mengikuti ajang kompetisi competitive programming seperti Google Code Jam, TopCoder, ACM ICPC, CodeChef, dan lain-lain.

System Analysis

Di luar hal-hal tersebut, terdapat beberapa golongan orang yang berkehendak untuk menjadi system analyst, sehingga tidak perlu melakukan coding. Hanya cukup melihat-lihat hasil ngoding orang saja, melakukan perancangan dan analisa terhadap suatu sistem. Ya, hal itu memang betul. Akan tetapi sangat salah apabila ingin menjadi seorang system analyst, karena tidak suka dengan pemrograman, sehingga berusaha menghindarinya. Tentu saja tidaklah mungkin seorang system analyst tidak mengerti sama sekali tentang pemrograman. Justru seharusnya merekalah yang harus jauh lebih mengerti pemrograman dan luar dalamnya program atau sistem dibanding pemrogram. Karena system analyst-lah yang melakukan analisa terhadap kondisi-kondisi yang terjadi dalam pembangunan suatu sistem.

Lain-Lain

Tidak berhenti di situ saja, bagaimana dengan orang-orang pemrogram mikrokontroler, mikroprosessor dan orang-orang yang banyak berkutat pada masalah perangkat keras komputer. Mereka juga masih bagian dari disiplin ilmu ini. Namun memang begitulah adanya, tidak ada ilmu yang dapat berdiri sendiri tanpa membutuhkan konsep dan ilmu-ilmu yang terkandung dalam bidang lain. Ilmu tersebut memang tampak sangat dekat dengan bidang elektronika, namun memang begitulah adanya komputer. Wujud fisik komputer adalah hasil dari kerja keras mereka para pengembang perangkat elektronika modern. Selain itu pengembangan-pengembangan aplikasi desktop dan sistem operasi komputer juga merupakan bagian yang sangat penting di bidang komputer. Meski sepertinya peminatnya tidak sebanyak bagian-bagian yang lain, tapi bagian ini tetap merupakan salah satu bagian terpenting dari ilmu komputer.

Saran

Sebagai mahasiswa baru atau orang-orang yang belum lama menggeluti bidang teknologi informasi ini, lalu apakah langkah terbaik yang dapat dilakukan, sedangkan kami belum banyak mengerti dan belum dapat menentukan pada kategori manakah kami akan mendalami. Jawabannya adalah pelajari saja apa yang disukai. Dari kesemua penggolongan-penggolongan tersebut, mana saja yang disukai, dirasa cocok, pelajari saja. Terlebih, hal utama yang perlu diperoleh dari semua itu setidaknya adalah konsep yang ada pada setiap penggolongan tersebut. Belajar bagaimana konsep pemrograman, konsep database, konsep jaringan, dan lain sebagainya. Dalam bahasa pemrograman apapun juga, konsep pemrograman tetaplah sama. Dalam Database Management System apapun juga, konsep database tetaplah sama.

Pertanyaan dengan rate tertinggi dalam setiap kasus seperti ini adalah bahasa pemrograman apakah yang harus dipelajari pertama kali. Wow, jawaban untuk pertanyaan ini dapat berbeda-beda dan bisa saja bahasa pemrograman apa saja dengan alasan tertentu untuk setiap jawaban. Kalau Kak Yoseph sendiri, bahasa pemrogaman pertamanya adalah Visual Basic. Namun Kak Yoseph menyarankan untuk belajar pemrograman pertama dengan menggunakan bahasa yang kotor seperti C++ atau dengan bahasa yang sangat kotor seperti C. Dengan memahami bahasa pemrograman yang kotor tersebut, akan memudahkan kita jika suatu saat perlu migrasi ke bahasa pemrograman lain. Berani kotor itu baik, kan? Kak Yoseph juga tidak menyarankan Python sebagai bahasa pemrograman pertama, karena terlalu mudah menurutnya. Meskipun sebetulnya kemudahan dan perintah-perintah yang biasanya lebih singkat tersebut juga merupakan salah satu kelebihan Python. Ini hanya saran, kalaupun memang mau memilih menggunakan Python juga tidak masalah.

programming-languagases-alasan-kuliah-it-komputer-sobat-kreatif-indonesia-president-university

Baik, demikianlah tulisan ini. Semoga dapat diambil manfaatnya. Memang penulis tidak dapat mengulas keseluruhan dari pembahasan kami di Computing Club President University tersebut, ini hanyalah sebagian kecilnya saja. Selain itu, penulis juga mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang mungkin saja terdapat pada tulisan ini. Semoga dapat bermanfaat dan Salam Kreatif Sobat Kreatif Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s