Catatan Mini / Tips Trik Seputar Komputer


catatan-mini-tips-trik-seputar-komputer-sobat-kreatif-indonesia

Sebetulnya secara pribadi tips trik singkat komputer di sini penulis tujukan untuk memudahkan ketika menjumpai berbagai masalah yang berkaitan dengan komputer. Karena tadinya hanya sekedar akan digunakan untuk pribadi, jadi mungkin tulisannya masih belum begitu rapi. Selain itu, ada kalanya tips trik singkat ini perlu penjabaran lebih lanjut agar dapat lebih dimengerti (oleh pengguna baru, mungkin). Sehingga akan dijumpai pula terdapat beberapa post yang serupa dengan beberapa nomor tertentu yang kontennya mengulas lebih lanjut tentang tips trik tersebut. Post ini juga akan selalu di-update setiap kali penulis menemukan hal-hal yang menarik untuk disimak berkaitan dengan komputer. Semoga Bermanfaat dan Salam Kreatif!

  1. WINDOWS 8: Untuk menjalankan Booting Safe ModeCara 1. Dengan membuka msconfig.exe, pilih tab Boot. Pada bagian Boot Options, pilih Safe Boot > Minimal > OK, kemudian Restart, dan Windows secara otomatis sudah masuk ke dalam Safe Mode setelah restart. Cara 2. Sebelum proses booting lebih lanjut, tekan tombol Shift + F8 dengan berulang-ulang untuk menampilkan Windows 8 Recovery Mode. Pilih opsi Troubleshoot > Advanced Option > Windows Startup Settings. Sehingga dgn cara ini, setelah restart akan tampil tampilan Advanced Boot Option yang biasa kita jumpai pada Windows versi-versi sebelumnya. Di sinilah dapat kita jumpai pilihan Safe Mode.
  2. MULTIMEDIA: Subtitle dari suatu film biasanya menggunakan ekstensi *.srt atau *.sub. Beberapa website yang menyediakan subtitle-subtitle film untuk dapat didownload antara lain http://opensubtitles.org/ (Open Subtitles Database), http://mysubtitles.com/ (My Subtitles), http://divxsubtitles.net/ (DivX Subtitles), http://moviesubtitles.org/ (Movie Subtitles). Format-format tersebut dapat dikenali otomatis oleh media player seperti VLC atau GOM Player. Untuk Windows Media Player, Kita perlu menginstall DirectVobSub agar subtitle dengan format seperti itu dapat dikenali. DirectVobSub adalah sebuah filter DirectShow yang dapat menjadikan ditampilkannya subtitle di semua jenis player yang menggunakan DirectShow.
  3. INTERNET: Untuk berhenti menerima email yang berisi newsletter, salah satu metode yang biasanya disediakan adalah dengan mengunsubscribe newsletter. Opsi tersebut biasanya terdapat di bagian bawah setiap email newsletter. Scroll ke bagian bawah dari email, kemudian jika dijumpai link/tombol berlabel kurang lebih kalimatnya seperti “Click here if you’re no longer wish to recieve this newsletter” atau “Unsubscribe now”, maka tekanlah tombol itu.
  4. INTERNET: Filter di Google Email Search dalam fasilitas email service gmail, untuk hanya menampilkan email yang berasal dari pengirim sender@sender.snd, dapat digunakan kata kunci “from:(sender@sender.snd)” tanpa petik.
  5. INTERNET: http://www.facebook.com/help/contact.php?show_form=delete_account adalah link rahasia/tersembunyi yang berfungsi untuk menghapus account facebook Anda.
  6. WINDOWS: WinHlp32.exe adalah program yang berfungsi untuk membuka file berekstensi *.hlp yang biasanya berisi tentang help/bantuan dan instruksi untuk suatu program. Tetapi sejak Windows Vista, program ini sudah tidak termasuk dalam instalasi. Selain itu, program ini juga tidak termasuk dalam kategori major update.
  7. APPLICATION: File berekstensi FBK dapat dibuka dengan Adobe Flash Player.
  8. BLOG: Untuk mengekspor tulisan atau konten blog WordPress ke Blogger/Blogspot, biasanya terjadi kemacetan saat proses impornya ke Blogger. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan aplikasi online http://wordpress2blogger.appspot.com/ untuk merubah format konten xml agar dapat terimpor dengan baik ke Blogger.
  9. WINDOWS: Untuk dapat dual boot misal antara Windows 8 dengan Windows 7 atau dengan Windows XP, dapat dilakukan dengan cara: pertama kali install versi Windows yg lebih baru. Misalnya sudah terinstall Windows 7 sebagai versi Windows yang lebih baru dari 2 OS yang akan Kita install. Untuk dapat mendual boot dengan Windows XP, maka install Windows XP dari dalam Windows 7 (bukan membuat instalan OS yang baru dengan memformat OS yang sebelumnya).

Baik, demikianlah sementara tips trik seputar komputer kita. Insya Alloh tips trik seputar komputer ini masih akan terus mengalami pembaharuan. Terima Kasih telah Menyimak dan Salam Kreatif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s