Booting Safe Mode di Windows 8


Tidak seperti pada versi-versi sebelumnya, versi Windows 8 kali ini memberikan langkah yang berbeda bagi penggunanya dalam penggunaan fitur Booting Safe Mode. Jika pada versi-versi sebelumnya, termasuk Windows 7, fitur pilihan Booting Safe Mode dapat langsung diakses dengan menekan tombol F8 keyboard saat awal booting OS sebelum tampil logo Windows. Setelah itu, maka akan tampil Boot Options yang di antaranya termasuk ada pilihan fitur Safe Mode. Yang mana dalam fitur boot melalui safe mode ini, pengguna dapat membuat Windows agar booting dengan tanpa meload driver perangkat, service, maupun file-file sistem selain file sistem dasar minimal untuk menggunakan fungsi dasar sistem operasi Windows serta beberapa tool recovery sistem operasi yang tetap dapat digunakan. Karena memang untuk tujuan recovery sistem inilah biasanya booting by safe mode dibutuhkan.

membuka-safe-mode-di-windows-8-sobat-kreatif-menjadi-kreatif-untuk-indonesia

Terdapat dua cara/metode yang dapat digunakan untuk melakukan booting dengan safe mode:

Cara 1.

Jika komputer dalam kondisi dapat menyala dengan baik, saya sarankan Anda menggunakan cara ini (karena menurut saya lebih mudah saja).

  1. Tekan tombol Windows (Windows Button) + R, sehingga akan tampil jendela Run.
  2. Pada isian Open, tuliskan perintah msconfig, kemudian tekan Enter atau tekan tombol OK. Sehingga akan tampil jendela program System Configuration.
  3. Pilih tab Boot.
  4. Pada pilihan Boot Options, centang pilihan Safe Boot dengan opsi Minimal.
  5. Tekan tombol OK.
  6. Pada pertanyaan konfirmasi yang tampil, pilih pilihan Restart, sehingga komputer akan diperintahkan untuk restart saat itu juga. Namun apabila mungkin masih banyak program yang terbuka, dokumen yang belum disimpan, Anda dapat memilih opsi Exit without Restart, sehingga Anda dapat merestart komputer Anda sendiri untuk melihat hasil dari tujuan awal Anda tadi.

Sehingga hasilnya saat komputer restart, komputer sudah booting dalam Safe Mode.

Cara 2.

Jika komputer Kita sedang keadaan mati, mungkin bisa jadi cara ini lebih cepat dan simpel, daripada harus menyalakan sejak awal, booting, login, dll.

  1. Sebelum masuk ke proses booting sistem lebih lanjut sampai tampilnya logo Windows, tekan tombol Shift bersamaan dengan tombol F8 berulang-ulang (untuk memastikan betul-betul tertekan dalam kondisi yang tepat), sehingga akan muncul tampilan Windows 8 Recovery Mode.
  2. Pilih opsi Troubleshoot
  3. Pilih opsi Advanced Option
  4. Pilih opsi Windows Startup Settings
  5. Nah, sehingga akhirnya komputer akan menanyakan untuk merestart PC Kita.

Setelah restart, walhasil, Kita akan melihat tampilan layar Advanced Boot Option yang biasanya kita kenal di versi-versi Windows sebelumnya. Sehingga di sinilah kita dapat menjumpai opsi untuk dapat booting dengan Safe Mode.

Baik, demikianlah sobat kreatif sesi berbagi kita hari ini. Meski mungkin tampak sederhana, dan suatu saat ilmu yang demikian bisa jadi akan kadaluarsa, karena tentu suatu saat akan ada generasi-generasi penerus Windows, atau sistem operasi yang lebih populer yang bukan tidak mungkin akan ada metode lain yang berkaitan dengan recovery sistem operasi, namun semoga tulisan yang sedikit ini dapat memberikan faedah bagi kita bersama. Salam Kreatif! Ingat, ilmu yang dibagikan itu tidak akan pernah berkurang, justru akan semakin terasalah faedah dari ilmu itu, justru ilmu yang disampaikan menjadi semakin tidak dapat hilang/terlupakan. Sekian, dan Salam Kreatif!

Ctt. Maaf, gambar langkah per langkah memang tdk kami tampilkan utk mengurangi waktu loading. Semoga sudah dapat diterima dengan jelas materinya. Jika Anda berkeinginan agar gambar langkah2nya ditampilkan atau saran lainnya, selahkan berikan saran Anda melalui kolom komentar. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s