Sistem Ketenagalistrikan & Download BSE SMK Distribusi Tenaga Listrik


Salam hangat sobat kreatif indonesia, kali ini kita akan membahas tentang  sistem ketenagalistrikan

Yuk barengan kita pahami gimana sih sistem ketenagalistrikan! mariii, cekedouuut…. (dikutip dari Buku BSE SMK Jurusan Distribusi Tenaga Listrik)

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, masalah listrik menjadi polemik yang berkepanjangan dan telah memunculkan multi implikasi yang sangat kompleks di berbagai aspek kehidupan, antara lain : keuangan, ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lain-lain. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa listrik telah menjadi bagian yang sangat penting bagi umat manusia. Oleh karenanya tak berlebihan bahwa listrik bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan utama bagi penunjang dan pemenuhan kebutuhan hidup umat manusia.

Beberapa tantangan besar yang dihadapi dunia pada masa kini, antara lain, bagaimana menemukan sumber energi baru, mendapatkan sumber energi yang pada dasarnya tidak akan pernah habis untuk masa mendatang, menyediakan energi di mana saja diperlukan, dan mengubah energi dari satu ke lain bentuk, serta memanfaatkannya tanpa menimbulkan pencemaran yang dapat merusak lingkungan hidup kita. Dibanding dengan bentuk energi yang lain, listrik merupakan salah satu bentuk energi yang praktis dan sederhana. Di samping itu listrik juga mudah disalurkan dari dan  pada jarak yang berjauhan, mudah didistribusikan untuk area yang luas, mudah diubah ke dalam bentuk energi lain, dan bersih (ramah lingkungan). Oleh karena itu, manfaat listrik telah dirasakan oleh masyarakat, baik pada kelompok perumahan, sosial, bisnis atau perdagangan, industri dan publik.

Sistem Ketenagalistrikan & Download BSE SMK Teknik Distribusi Tenaga Listrik - Sobat Kreatif
Ruang Lingkup Sistem Tenaga Listrik – Sobat Kreatif

Tenaga listrik sebagai bagian dari bentuk energi dan cabang produksi yang penting bagi negara sangat menunjang upaya dalam memajukan dan mencerdaskan bangsa. Sebagai salah satu hasil pemanfaatan kekayaan alam yang menguasai hajat hidup orang banyak, tenaga listrik perlu dipergunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Yang dimaksud dengan sistem tenaga listrik adalah sekumpulan pusat listrik dan gardu induk (pusat beban) yang satu dengan yang lain dihubungkan oleh jaringan transmisi dan distribusi sehingga merupakan sebuah satu kesatuan yang terinterkoneksi.

Suatu sistem tenaga listrik terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: pusat pembangkit listrik, saluran transmisi, dan sistem distribusi. Suatu sistem distribusi menghubungkan semua beban yang terpisah satu dengan yang lain kepada saluran transmisi. Hal ini terjadi pada gardu-gardu induk (substation) di mana juga dilakukan transformasi tegangan dan fungsifungsi pemutusan (breaker) dan penghubung beban (switching). Gambar memperlihatkan sistem tenaga listrik mulai dari pembangkit sampai ke pengguna/pelanggan.

Nah, sudah kita pelajari bersama sistem ketenagalistrikan dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, salam hangat sobat kreatif indonesia!

NB:

Download Buku BSE SMK Teknik Distribusi Tenaga Listrik (DTL):

  1. BSE SMK Teknik Distribusi Tenaga Listrik Jilid 1 (8,93 MiB) – link telah dipersingkat dengan goo.gl
  2. BSE SMK Teknik Distribusi Tenaga Listrik Jilid 2 (11,64 MiB) – link telah dipersingkat dengan goo.gl
  3. BSE SMK Teknik Distribusi Tenaga Listrik Jilid 3 (4,15 MiB) – link telah dipersingkat dengan goo.gl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s