Ayo, Mulai Belajar PHP Bareng-Bareng Yuk…


Belajar-PHP-Bareng-Bareng-blog sobat kreatifPHP merupakan salah satu bahasa pemrograman website yang bertindak dari sisi server. Karena sebagai server side language, maka Kita harus menginstal server lokal sebagai simulasi web server. Apa saja yang dibutuhkan? Kita dapat gunakan program-program berikut untuk memulainya Apache Web Server, PHP, MySQL (sebagai RDBMS), dan phpMyAdmin.

Pada dasarnya, program tersebut dalam kondisi terpisah, namun untuk Windows Kita dapat gunakan salah satu dari paket-paket berikut yang telah mengemasnya menjadi satu:
XAMPP (www.apachefriends.org/en/xampp.html), AppServ (www.appservnetwork.com/), WAMP (www.wampserver.com/en/).

Disarankan Kita gunakan XAMPP yang menyediakan aplikasi tambahan MercuryMail (untuk mail server lokal) dan FileZilla (Client FTP) serta paket PEAR yang lengkap. Instalasinya cukup mudah, hanya perlu Next” saja, namun ketika dijumpai Install …. as service, sebaiknya dicentang saja semua.

Nah, sekarang coba buka di browser dan buka http://localhost/ atau http://127.0.0.1/, jika telah menampilkan halaman selamat datang di XAMPP, maka Kita telah berhasil menginstalnya. Semua halaman di localhost yang ditampilkan sebetulnya berada pada C:\xampp\htdocs\ sesuai dengan lokasi penginstalan. Jadi jika Kita menjumpai http://localhost/xampp/namafile.php, lokasi ini secara fisik sebetulnya juga berada pada C:\xampp\htdocs\xampp\namafile.php.. Oleh karena itu, semua file PHP Kita tentu saja harus disimpan di folder htdocs agar dapat dibuka di browser.

[ Salah satu modul PHP yg mungkin dapat membantu http://www.feeltothink.co.cc/sintangwebdeveloper/Modul-Web-Development.pdf ]
Terima Kasih. Semoga bermanfaat. Yg pasti terus semangat Ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s