Tips dan Trik yang Perlu Diketahui mengenai Usability dalam Web Design


web design-blog menggapai mimpiCatatan ini disarikan dari pembelajaran terhadap materi pada “Smashing Magazine” edisi spesial ulang tahunnya pada sebuah judul. (Saya rasa ini bukan sebuah pembajakan artikel, ini ditulis dari apa yang saya terima dari pembelajaran tersebut, bukan dengan mengutip, menulis ulang, atau hanya sekedar menerjemahkan. Lagipula ini juga hanya untuk catatan pribadi. Terima Kasih pada Smashing Magazine atas banyak pembelajarannya.)

 

Terdapat setidaknya 10 hal yang dijelaskan oleh Dmitry Fedeyev yang merupakan hal-hal pokok untuk meningkatkan tingkat usability dari sebuah website, berikut ringkasannya:

1. Label pada form dari sebuah field (isian) berada pada posisi terbaik di atas isian tersebut. Hal ini terjadi karena user / visitor meng-scan form bukan dari kiri ke kanan, namun dari atas ke bawah.

 

2. Pengunjung akan memberikan fokus yang lebih tinggi terhadap sebuah elemen website pada sebuah foto / gambar wajah (muka) seseorang. Setelah itu pengunjung akan melanjutkan dengan melihat apa yang dipandang oleh ‘gambar seseorang’ dalam website tersebut. Oleh karenanya hal ini banyak menjadi taktik untuk membuat iklan / banner-ads atau halaman yang berisi informasi utama yang akan disampaikan.

3. Kualitas desain website memberikan gambaran terhadap kepercayaan pengunjung pada apa yang disampaikan oleh website tersebut.

 

4. Kebanyakan pengunjung (saat ini) melakukan scroll terhadap halaman website, tentunya ini berbeda dari apa yang pernah Kita ketahui pada masa silam bahwa tidak banyak pengunjung dengan kunjungan pertama melakukan scroll terhadap halaman website tersebut. Namun juga tidak ada salahnya jika Kita tetap konsisten untuk meletakkan konten / fitur / informasi pokok pada bagian atas website (pada resolusi height yang kemungkinan tidak discroll pengunjung).

 

5. Warna biru merupakan warna terbaik untuk link (tautan). Hal ini serupa dengan warna default dari sebuah link oleh kebanyakan browser.

 

6. Idealnya, kotak pencarian (field pencarian) memiliki panjang hingga 27 karakter. Dengan panjang karakter yang demikian, dapat mengakomodasi hingga 90% dari kata kunci, sedangkan dengan 18 karakter akan mampu memuat hingga 27% dari semua kemungkinan kata kunci. Untuk hal ini, Kita dapat kembali mengingat bahwa 1 ems = lebar / tinggi dari satu karakter ‘m’.

 

7. ‘White Space’ (ruang kosong) dalam pembagian (pengelompokan) konten / layout website dapat memudahkan pengunjung untuk memahami website tersebut (dengan pembagian / pengelompokkan oleh white space dengan baik).

 

8. User testing terhadap usability website sudah cukup dengan user yang tidak begitu banyak, tidak harus dilakukan dengan besar-besaran serta mahal. Hanya dengan 2 user tester pertama Kita sudah dapat menemukan hingga 50% kesalahan / kekurangan dari website, baik error biasa maupun dari tingkat usability website. Dengan 5 orang sudah dapat mencapai 85%, dan akan menjadi 100% dengan 15 orang tester. Namun bagaimanapun juga kesalahan terbanyak hingga 50% akan ditemukan oleh 2 orang pertama yang melakukan testing. Hanya dengan testing yang ringan (dalam hal biaya, maupun jumlah tester) meski hanya 1 orang itu sudah bagus, dibandingkan jika tidak ada testing sama sekali, berbagai kemungkinan kesalahan dapat saja terjadi.

 

9. Halaman informasi produk yang informatif, selain memudahkan user dalam memperoleh informasi produk, tentu saja hal tersebut juga akan sangat menguntungkan bagi Kita sebagai owner website. Meski informatif, pastikan semuanya tidak membingungkan bagi user.

 

10. Kebanyakan user tidak menghiraukan adanya informasi iklan, dan lebih memilih untuk segera menutupnya (bila dalam sebuah modal dialog / alert tersendiri) atau hanya sekedar tidak menghiraukannya. Oleh karenanya, hindari pembuatan konten / kelompok konten yang menyerupai iklan. Dan begitu pula sebaliknya, pembuatan iklan yang baik adalah dengan membuatnya menyerupai konten. Namun tentunya perlu diingat bahwa jangan sampai mengecewakan user yang mengharapkan adanya sebuah informasi ternyata hanya memperoleh tampilnya iklan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s