PHP Function Reference


fungsi php-blog sobat kreatifBerikut fungsi-fungsi, deskripsi, dan beberapa contoh mengenai fungsi-fungsi dalam PHP (masih diperbaiki, dan Insya Alloh juga akan segera dilengkapi agar lebih baik lagi):

empty ( $var )

Memeriksa apakah nilai variabel kosong, apabila $var == ‘’ maka bernila true (1), jika sebaliknya maka false.

isset ( $var )

Memeriksa apakah variabel sudah terbentuk, apabila $var != null maka bernilai true (1), jika selainnya maka false.

unset ( $var )

Menghapus variabel dari program.

headers_sent ( [$file], [$line] )

Memeriksa apakah sudah ada header yang dikirim, apabila sudah ada maka menghasilkan nilai balik true, jika sebaliknya maka false. Argumen $file dan $line dapat digunakan untuk menentukan variabel yang akan menyimpan nama file yg telah mengirimkan headers (yaitu $file) dan pada baris program ke berapa pengiriman header itu dilakukan ($line).

substr ( $string, $start, [$length] )

Mengambil sejumlah karakter dari string pada variabel $string, dengan pembacaan dimulai dari karakter ke $start (hitungan dari 0) ke arah kanan hingga sebanyak $length karakter (apabila argumen ini tidak diisi, maka dianggap hanya sepanjang 1 karakter).
Argumen kedua dapat bernilai negatif, yang berarti penghitungan dimulai dari karakter paling kanan (dari posisi -1) hingga sejumlah $length karakter ke kanan. Misalnya substr ( ‘karakter’, -3, 3 ); Maka akan memberikan hasil ‘ter’.
Selain itu, argumen ketiga juga dapat Kita beri nilai negatif, sehingga variabel argumen $length akan bertindak sebagai posisi sebelum terakhir dalam penghitungan jumlah karakter yang akan dijadikan nilai balik. Sehingga ketika substr ( ‘karakter’, -3, -1 ) akan menghasilkan ‘te’.
Dari pemanggilan fungsi substr ( ) tersebut, apabila terdapat kesalahan / error maka akan memberi nilai balik false.
Selain menggunakan substr ( ), apabila Kita hanya ingin memanggil sebuah karakter pada posisi tertentu dalam sebuah variabel string, maka Kita juga dapat memanggilnya dengan cara berikut: $string[$number]; dengan penghitungan urutan karakter dimulai dari 0 dengan pembacaan dari kiri ke kanan.
Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s