Memanfaatkan Berbagai Kegunaan dari Anchor Tag pada HTML


Memanfaatkan Berbagai Kegunaan dari Anchor Tag pada HTML-blog menggapai mimpiSeperti yang telah Kita ketahui bersama bahwa dengan tag anchor (<a></a>), Kita dapat membuat sebuah tautan menuju ke sebuah lokasi lain di Internet.
Selain itu Kita juga ada mengenal kegunaannya yang dapat digunakan untuk membuat tautan menuju ke sebuah akun YM (Yahoo Messenger), sehingga dengan sebuah support dan perijinan tindakan dari browser, akan terbuka program Yahoo Messenger dan memanggil akun terkait yang ditautkan. Yang mana kegunaan ini dapat dilakukan dengan cara seperti contoh berikut:

<a href=”ymsgr:sendIM?alwayzmile”>Chat with Me</a>

Username YM pada contoh tersebut (setelah tanda ?) dapat disesuaikan dengan username yang dimaksud sebagai username yang ditautkan.

Selain untuk kegunaan tersebut, Kita juga dapat membuat tautan pada sebuah email dengan menggunakan anchor tag, sehingga ketika link diklik maka akan memanggil sebuah program email client yang terpasang di komputer user dan langsung menset tujuan pengiriman beserta opsi lain yang ditentukan sesuai dengan apa yang ditentukan dan juga diatur dalam anchor tag pada nilai atribut href. Contoh penerapan dari kegunaan tersebut dapat Kita lihat pada contoh berikut.

<a href=”mailto:alwayz.for.zmile@gmail.com”>Send Me an Email</a>
Sebuah alamat email yang terikut dalam contoh tersebut juga dapat diganti sesuai dengan email yang dimaksud sebagai tujuan pengiriman email.

 

Seperti Kita ketahui bahwa dalam konteks pengiriman email, Kita mengenal pengirim, tujuan pengiriman, subjek pesan, dan isi pesan dalam email. Objek-objek tersebut tentu saja juga dapat Kita sertakan dalam tautan pada tag anchor sebagai nilai atribut href. Penerapannya dapat Kita lihat pada contoh berikut.
<a href=”mailto:?subject=Subjek Pesan&body=Isi Pesan&to=sintangwebdeveloper@groups.facebook.com”>Share to Sintang Web Developer Group</a>
Seperti pada contoh tersebut, dapat Kita lihat bahwa tautan dari tag anchor tersebut akan memanggil sebuah program email client dan langsung mengisi isian pada form pengiriman email dengan subjek pesan berisi “Subjek Pesan” tanpa petik, dan isi pesan “Isi Pesan” tanpa petik, serta dengan tujuan pengiriman sintangwebdeveloper@groups.facebook.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s