Koneksi Database dengan PHP


Untuk menghubungkan sebuah skrip PHP dengan sebuah database server, tentunya Kita memerlukan sebuah otentikasi yang tepat agar Kita dapat dikenali oleh database server sebagai user yang berhak mengaksesnya. Oleh karena itu Kita memerlukan informasi hostname, username, dan password yang digunakan pada database server untuk melakukan koneksi tersebut. Adapun perintah pengkoneksian terhadap database server tersebut dapat Kita simpan dalam sebuah file tersendiri, langsung diketikkan pada file yang membutuhkan akses ke database server atau dapat diatur langsung sebagai konfigurasi default pada php.ini yang mengatur pengkoneksian ke database server (misalnya MySQL).
Adapun yang saat ini di-share-kan adalah dengan menyimpan perintah pengkoneksian dalam sebuah file tersendiri. Yang mana cara ini akan memberi keuntungan bahwa Kita tidak perlu mengetikkan ulang perintah koneksi berulang-ulang pada setiap file yang membutuhkan akses ke database server. Jadi dengan cara ini, setiap Kita memerlukan koneksi ke database server, Kita hanya perlu memanggil nama filenya saja sebagai argumen sebuah perintah yang mengakibatkan isi dari file tersebut akan disisipkan dalam file yang memerlukan koneksi tersebut.

// File: connect.php
<?php
$hostname = ‘localhost’;
$username = ‘root’;
$password = ”;
$database = ‘latihan’;

mysql_connect ( $hostname, $username, $password ) or die ( ‘Maaf, Koneksi gagal dilakukan!’ );
mysql_select_db ( $database ) or die ( ‘Maaf, database tidak ditemukan!’ );
?>

Sekain dulu ya, semoga membantu. Untuk teknik yang lain dan penjelasan lebih lanjut mengenai cara-cara sejenis ini InsyaAlloh akan disambung lagi pada kesempatan berikutnya. Terima Kasih, Semoga ada yang dapat diambil manfaatnya. Atau setidaknya ada memberi semangat untuk belajar web development.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s