Ayo Belajar Web Development Sama-Sama!


Belajar web development itu seru, bahkan serrruuuuu banget. Hmm, pokoknya sampe ngak bisa diungkapin gimana serunya…
Tapi, ternyata dari semuanya ada yang berpendapat bahwa menjadi seorang web developer termasuk seperti programmer PHP itu tidak terlalu dibutuhkan untuk ke depannya, dan lebih baik untuk mempelajari pemrograman untuk aplikasi desktop seperti VB atau lain sebagainya. Tapi apakah anggapan tersebut anggapan yang dapat dikata benar. Hmm, sepertinya tidak sepenuhnya dapat dianggap kebenarannya, meskipun jika ada yang sependapat begitu, ya sah-sah saja. Tapi, juga tidak dapat dikatakan bahwa menjadi seorang programmer aplikasi desktop juga sudah pasti dapat memberikan janji bahwa mereka akan tetap bertahan untuk masa depannya, buktinya mulai ada bahasan baru yang mulai menjadi besar di era ini, yaitu untuk pengembangan perangkat mobile. Berbagai pilihan untuk kemungkinan di masa depan tersebut menjadi semakin tidak jelas di era perkembangan teknologi yang semakin pesat tersebut.
Tapi ternyata ada beberapa hal yang sebetulnya sudah jelas, bahwa masing-masing teknologi tersebut merupakan teknologi yang tidak dapat berdiri sendiri dan saling memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Oleh karena itu tidak satupun dari berbagai pilihan tersebut yang pantas untuk tidak Kita pelajari dan Kita kuasai untuk turut berperan dalam kemajuan teknologi di masa depan. Dan tentu saja berbagai pilihan kompetensi tersebut semuanya menjanjikan untuk masa depan. Sebuah kompetensi tersebut hanya akan menjadi tidak menjanjikan jika memang tidak ada lagi yang mau turut berperan dalam pengembangannya.Jadi, jika ada yang mengatakan bahwa web development itu tidak memiliki masa depan yang baik, maka itu salah besar.

Mungkin dulu Kita mengenal pemrograman Perl untuk membuat website secara dinamis, kemudian ada JSP, ASP, dan kemudian yang begitu banyak digunakan saat ini adalah PHP, dan bahkan mulai juga berkembang popularitasnya adalah RoR (Ruby on Rails). Namun apakah salah jika Kita mempelajari salah satu di antaranya meskipun mungkin ke depannya akan muncul pilihan baru yang mungkin popularitasnya dan kualitasnya menjadi lebih baik dari yang Kita pelajari. Tentu saja tidak salah bagi Kita untuk mempelajarinya. Seorang programmer yang profesional tentu saja tidak akan begitu mempermasalahkan hal tersebut, karena mereka akan begitu mudah berpindah dari satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman lainnya. Jadi, setidaknya jadilah profesional.
Namun tahukah mengapa popularitas dari sebuah bahasa pemrograman itu bisa menurun? Tentu saja karena hal tersebut tidak sesuai dengan jamannya yang semakin berkembang yang diliputi dengan berbagai kemudahan dan kualitas yang mungkin lebih baik. Dan bagaimana mungkin hal tersebut bisa terjadi? Salah satu hal yang menurut saya bisa terjadi adalah karena tidak adanya pengembangan yang lebih lanjut terhadap teknologi tersebut suapaya dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman, maksudnya seperti masalah keamanan yang terus harus menyesuaikan dengan berbagai teknik menembus keamanan aplikasi yang terus mengalami perkembangan, kemudian dalam hal kenyamanan, dukungan terhadap teknologi terkini dan sebagainya.
Hmm, ternyata mengenai web development itu sendiri, Kini telah mengalami perkembangan yang dapat dikatakan begitu pesat. Apalagi baru-baru ini sering banget terjadi update browser, misalnya yang belum lama ada Firefox 4, eee lalu muncul Firefox5.. Berarti ada yang baru dong? Iya, tentu saja. Ada CSS3, HTML5, WebGL, kemudian juga ada framework js jQuery, ada framework php CodeIgniter, AJAX, JSON, SVG, trus juga ada perangkat baru Adobe Edge untuk memudahkan pengembangan website, dll. Tuh kan, web development terus berkembang, untuk dapat terus mengembangkannya maka Kita harus turut terjun menjadi salah satu yang membuatnya menjadi elok di masa yang akan datang!
Tapi ngomong-ngomong, kayaknya yg disebutin tadi nggak semuanya bener-bener baru kok. Iya memang.. Tapi, termasuk baru saja saya tahu dan telah bersiap untuk mempelajarinya. Karena mereka-mereka (teknologi tersebut) memang menggambarkan ternyata aplikasi berbasis website tidak pantas untuk direndahkan. Dan mereka sungguh luar biasa. Hmm, sambil menyicil ya, satu hal dari hal tersebut yang benar-benar baru bagi saya adalah mengenai WebGL. Bagaimana tidak, ternyata dengan kombinasi HTML5 + JavaScript yang diramu menjadi sebuah teknologi WebGL, Kita bisa membuat berbagai karya ber-3 dimensi dan tentu saja merupakan gambar bergerak (animasi) yang dapat ditampilkan dalam sebuah website tanpa memerlukan plugin apapun. Dan yang dibutuhkan hanyalah browser yang telah mendukung teknologi tersebut, termasuk HTML5.. Mau lihat contohnya? Coba saja buka http://webglsamples.googlecode.com/hg/aquarium/aquarium.htmlatau http://bodybrowser.googlelabs.com/body.html . Hmm, tapi yang perlu diingat adalah bahwa fitur ini pada saat ini hanya bisa dinikmati oleh browser dengan minimal Firefox4 atau GoogleChrome9. Dan ternyata pada Firefox4 masih ada yang perlu Kita konfigurasi terlebih dahulu agar dapat menggunakannya…..
Demikian tulisan ini, yang pasti ayo semangat buat jadi web developer, jangan ragu, dan harus berani untuk melalui sebuah proses. Ayo! yang semangat ya… Apalagi Kita anak-anak sintang yang jaaauuuuuuh dari tempat dimana perkembangan teknologi informasi ini berasal. Meski begitu, mari Kita tunjukkan. Kita Bisa! Ayooo! Rawe-rawe rantas, malang-malang putung!!! Haha, semangat banget jadinya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s