Membuat Dummy Text pada Microsoft Office Word 2007


Kali ini Kita akan mencoba membahas sesuatu yang sedikit berbeda dari biasanya. Kita akan membahas hal yang mungkin hampir tidak terlalu perlu dan penting untuk dipelajari. Apakah itu? Dummy text. Akan tetapi dengan mempelajarinya akan memberikan Kita sedikit trik rahasia hamper tidak berguna pada Microsoft Office Word 2007.

OK, nggak perlu banyak teori yaa…. Langsung saja……… Buka Microsoft Office Wordnya.

  1. Ketikkan perintah =lorem()
    Kemudian tekan enter. Maka akan menghasilkan tulisan-tulisan yang mungkin saja tidak Kita ketahui sama sekali artinya, untuk orang yang hanya mengenal Bahasa Indonesia seperti saya.rekayasa-perangkat-lunak-smk-negeri-1-sintang-dummy-text-lorem
  2. Ketikkan perintah =rand()
    Kemudian tekan enter. Perintah ini juga menghasilkan tulisan-tulisan panjang secara otomatis.
  3. Ketikkan perintah =rand.old()
    Kemudian tekan enter.

Untuk mengatur tampilnya tiap jenis-jenis dummy text ini, Kita dapat memberikan nilai dalam tanda kurung pada perintah-perintah yang menampilkan dummy text tersebut. Misalnya Kita ingin menyisipkan dummy text sebanyak 3 paragraf, maka Kita dapat menuliskannya =lorem(4).

Apabila Kita menginginkan 4 paragraf dengan masing-masing paragraf terdiri dari 3 kalimat, maka Kita dapat menuliskannya dengan =rand.old(4,3).rekayasa-perangkat-lunak-smk-negeri-1-sintang-dummy-text

Lalu untuk apa dibuat dummy text tersebut? Apabila Kita seorang guru yang mengajarkan Microsoft Office Word 2007, maka dummy text ini akan membantu Kita untuk membuat kalimat-kalimat yang akan dijadikan contoh dalam praktek menggunakan Word 2007 dengan cepat. Tidak perlu memikirkan kata atau kalimat apa yang akan ditulis, dan tidak menghabiskan waktu hanya sekedar untuk membuat contoh kalimat.

Selain itu, mungkin Kita juga sering melihat tulisan lorem ipsum pada template-template dokumen tertentu. Oleh karena itu, karena dalam membuat sebuah template Kita hanya membuat desain dan tidak perlu berlama-lama memikirkan kalimat apa yang ingin diisikan dalam template, maka dengan bantuan dummy text ini Kita juga dapat menggunakannya untuk mengisi template-template dokumen buatan Kita.

Apabila dalam mencoba membuat dummy text ini tidak menampilkan hasil yang sesuai pada contoh yang telah dijelaskan, maka perlu dicek pengaturannya. Klik Office Button|Word Option|Proofing|pada bagian AutoCorrect options, klik button AutoCorrectOptions. Pada Kotak dialog yang muncul, di tab AutoCorrect perhatikan pada opsi Replace text as you type. Apabila opsi ini belum diberi tanda cek/centang, maka beri tanda cek. Klik OK.

Thank’s udah mau menyimak materi tutorial ini! Terus maju dunia IT Indonesia! SMK Bisa!…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s