Sobat Kreatif Indonesia

MENJADI KREATIF UNTUK INDONESIA

Membeli Arduino Asli di Indonesia


Membeli Arduino Asli di Indonesia - Sobat Kreatif

Logo Arduino – Sobat Kreatif

Salam Kreatif sobat-sobatku yang Cinta Indonesia!

Cara belajar terbaik memang dengan pengalaman. Dan untuk memperoleh pengalaman diperlukan proses praktik dalam pembelajaran, baik praktik untuk memahami teori maupun untuk memahami pengaplikasian dari teori. Begitu pula dengan belajar Arduino, rangkaian mikrokontroler Open Source buatan Italia yang sangat populer itu. Cara terbaik untuk mempelajarinya, yaitu dengan praktik bersama adanya Arduino tersebut.

Nah, dalam hal ini terdapat 2 pilihan untuk dapat memiliki Arduino sendiri. Pertama, yaitu dengan membuat compatible Arduino sendiri berdasarkan skematik dan gambar PCB Arduino yang tersedia dalam file Eagle secara gratis untuk didownload. Atau yang kedua, yaitu dengan membeli Arduino asli buatan Italia dengan memesannya secara online, baik langsung memesan dari Italia atau melalui distributor-distributor resminya.

Dalam kesempatan ini, yang akan dibahas adalah mengenai pembelian Arduino asli buatan Italia. Ada baiknya karena mungkin belum terbiasa melakukan transaksi online sampai dengan toko di luar negeri, maka Anda dapat membelinya melalui distributor resminya yang ada di Indonesia. Nah, toko mana sajakah di Indonesia yang merupakan distributor resmi dari Arduino Italia? Jawabannya ada di http://www.arduino.cc/en/Main/Buy . Yang mana pada website resmi Arduino tersebut menyebutkan bahwa distributor resminya yang terdapat di Indonesia antara lain:

  1. Gerai Cerdas
  2. Famosa Studio (saya biasanya membeli melalui toko ini)
  3. Digi-Ware
  4. Zaada-Tec

Kemudian juga perlu diketahui bahwa pada saat tulisan ini dibuat, Arduino hanya masih memproduksi Board Arduino antara lain Arduino Uno, Arduino Mega 2560, Arduino Mega 2560 ADK, Arduino LilyPad, dan lain-lain yang dapat Anda lihat selengkapnya diĀ http://www.arduino.cc/en/Main/Hardware. Sehingga, jika teman-teman menghendaki untuk membeli board Arduino lama seperti Diecimilia atau Duemilanove yang asli dari Arduino Italia, tentu saja sudah tidak ada lagi (kecuali masih ada yang memiliki stok lama). Namun apabila teman-teman memang sungguh-sungguh menghendaki board yang lama tersebut, teman-teman masih dapat memilikinya dengan membelinya melalui distributor DFRobot atau yang lain, yang memproduksi compatible Arduino dengan kualitas sebagaimana aslinya.

Baik, mungkin sekian dulu pembahasan Kita kali ini, dan semoga teman-teman dapat segera belajar melalui praktik secara optimal dengan telah dimilikinya board Arduino. Semoga dapat memberikan manfaat yang baik dan barokah, Amiiin.

Terima Kasih! Wassalam & Salam Kreatif!

About Muhammad Ikhsan alwayzmile

Penulis sedang menimba ilmu di President University dengan program studi Information Technology. Penulis merupakan salah satu pendiri Sobat Kreatif Indonesia. Memiliki hobi menulis dan senang untuk berbagi. Kini sedang menekuni web design sembari meluangkan waktu untuk berbagi di Sobat Kreatif Indonesia. Salam Kreatif Sobat Kreatif Indonesia! Menjadi Kreatif untuk Indonesia!

One comment on “Membeli Arduino Asli di Indonesia

  1. anistardianistardi
    27 November 2013

    …atau membuat arduino sendiri dengan microcontroller AVR apa saja. Contohnya atmega32A, bisa dilihat di http://anistardi.wordpress.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 20 Mei 2012 by in Arduino, Elektro and tagged , , .
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.546 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: